MLM ? (Multi Lebay Marketing)


12 Januari 2011

Pagi yang cerah buat melakukan sesuatu yang sederhana, menyibukan diri dengan rutinitas setiap pagi, menghirup sejuknya udara pagi, berhenti sejenak di tepi jalan tuk sekedar membalas tatapan cerah sang mentari, kemudian bergerilya menembus ibu2 bahkan nenek2 yang pada saat kalian semua masih menutup rapat mata kalian,dan belum sempat pula ayam berkokok, mereka sudah berhamburan menyiapkan dagangan mereka diatas trotoar untuk dijajakan di depan pasar tradisional di sebuah kota kecil dijogjakarta, yaitu kota Wates KP. Tapi bukan itu yang ingin saya ceritakan kepadamu kawan, udara, cuaca, dan suasana pagi ini, cukuplah sudah mengantarku untuk lebih bersemangat melakukan aktifitas yang sudah saya rencanain kemaren hari.

Tujuanku hari itu adalah jogja, sedikit ada orderan yang harus saya selesaikan hari itu, dan kebetulan ada janji bersama teman lama yang  udah jarang bgt saya bertemu dengannya. Bukan orderan yang membuat saya ingin mengusik kedamaian dari blog saya ini, yup dialah teman saya yang hari itu keliatan beda, lebih cantik dari biasanya 😀 , sebelumnya tengoklah isi dari sms yang dia kirim ke hp saya sehari sebelum kejadian asing yg belum pernah saya bayangkan, sebuah ajakan manis buat ketemuan di jogja, karena memang dia kuliah dijogja dan kita juga telah lama tidak bertemu, pikirku..(kebetulan saya juga ada urusan dijogja, tak apalah). Selesai sholat ashar, ada sms masuk ngeloyor gitu aja, diseberang sana dia bilang..

“uda dimana? Aku udah di depan gereja kota baru”

Yelah tak perlu juga saya membalas smsnya, langsung menuju ke tkp..

“wei..pakabar neng(bukan nama sebenarnya), udah lama nunggunya?”

“weeh uda..kok langsung tau klo aku disini?”

“yaiyalah, yang nyempil cilik dibawah rambu2 ya cmn kmu doang..hehe. mau kemana sih neng?”

“gak ngerti ntar ngikutin temenku aja”

(yelah mungkin emang ada acara yang musti dia selesein, dan saya musti ikut, untuk selanjutnya saya bisa berbincang – bincang setelah acara selesai)

Tibalah disebuah gedung pertemuan, ou mungkin ada seminar. Semakin curiga karena tiap saya bertanya, selalu jawaban..gak tau…musti bayar 5000 pula. Mulailah kaki melangkah canggung penuh dengan kecurigaan didalamnya, menuju ruangan adem berAC yang dipenuhi orang2 rapi dan berdasi (what da…tersesat dimanakah aku inii). Tiba2 maju seorang MC ke depan sambil di iringi lagu dugem gak jelas (ajep..ajep) serta tepuk tangan meriah dari peserta (kok bisa ya, sapa dia, artis kah, orang hebat kah? Kok aku gak kenal), ngomong panjang lebar sana sini, kata2nya penuh dengan motivasi dan joke2 ringan, sindiran apathis kepada orang diluar sana (hal yang kadang suka saya lakukan juga, sing penting nyacat..lol), cukup sudah waktu menggerogoti kecurigaan ini, sampai akhirnya aku tersentak dan sadar..DAMN..ini mah seminar MLM (aseemmmmmm..hahaha.tertawa mangkel dalam hati)

Ya.ya.ya..kita ikuti saja acara ini, aku ma temenku udah mulai sedikit megurangi pembicaraan, karena saya juga semakin curiga, bahwa dia (teman saya_red) bagian dari mereka, sedang saya adalah calon korban selanjutnya. Baiklah aku ikuti maumu…produk obat2an MLM dengan icon Singo Mabur (singo ok mabur, udah kek kasusku ma Li*n A*r aja) menjual mimpi kalo kalian bakal jadi orang superkaya yang bakal bisa seenaknya ngadepin dunia (setidak nya begitulah rasa yang saya terima dari seorangmotivator didepan sana), sesekali..eh tidak ding…berulang kali tepuk tangan meriah menghiasi ruangan kecil itu, cukup mengganggu dan memprofokasi saya karena ini adalah acara MLM. Sang motivator bilang angkat tangan..angkat tangan semua..sapa yang mau kaya, sapa yang mau plesir keluar negeri…(gak usah ditanya mah semua orang mau dudul) kemudian ujung2nya penawaran product mereka, saya curiga ada provokator disebelah belakang yang memprovokasi orang2 barisan depan yang masih lugu, dengan kepala terbelenggu oleh mimpi. mereka bertepuk tangan, dan ngikutin apa yang sang motivator inginkan, dan sekali lagi kawan, semua bersumber dari belakang. Hampir 2jam saya menikmati masa2 ini, tapi sayang, saya tidak terpengaruh mas yang sok kaya dan sok tampan, biarlah uang 5ribu saya anggap kesempatan anda untuk menampar muka saya dengan motivasi2 anda yang penuh sindiran, membuka hati saya bahwa gak semuanya yang anda ucapkan adalah dusta yang sering kali sumpah serapah keluar dari hati ini atas produk dan mimpi2 yang anda tawarkan kepada saya, benar ibu saya berujar..semua pasti ada hikmahnya, tergantung kita mau membuka hati atau tidak.

Hampir saja saya bakar ruangan itu, jikalau saja acara tersebut tidak dihentikan dikala adzan magrib berkumandan, yeah Alloh save me, cabut bareng tuw ce ke maskam UGM, selesai makan masih juga si neng ne ngajak aku buat ke kantor MLM tadi yang ada didaerah kota baru buat sesi terakhir, (baiklah saya tau, saya akan dimutilasi dengan mulut yang berbusa2) yelah, aku juga gak mau ngecewain kamu, setidaknya menolong orang itu jauh lebih baek dari pada meminta pertolongan. Seperti biasa kawan, mulut2 liar itu menghujam telinga , tak lebih dari seorang tukang jualan obat di pasar2 yang musti menjual dagangannya karena anak istrinya menunggu dirumah dengan perasaan was2 bisa makan ato tidak hari ini. Bla..bla..bla….hell yeah

Hikmah hari ini, saya bertemu teman saya yang lama saya tidak menghabis kan waktu bersamanya untuk sekedar membicarakan hal sederhana, setidaknya saya punya aktifitas yang ngebuat otak ini berfikir dan merenung. Lanjutkan perjuanganmu neng, satu yang saya yakini, pekerjaan apapun kalo didasari atas suka dan kerja keras insya Alloh bakal ada cahaya terang didalamnya.

Berandai2 jikalau saya sudah bintang 8 di MLM itu, dari hasil ngajak2 orang untuk gabung, ya cmn jawil-jawil temen..ongkang2 kaki dirumah, bangun pagi ngeteh baca koran, tiap bulan terima bonus 20jt, bisa jalan2 keluar negeri tiap minggu..apa ya semudah itu..hehe..semua butuh perjuangan kawan. Carilah warna hidupmu sendiri, dan bersukurlah atas apa yang telah kamu terima saat ini, niscahnya kmu tidak akan merasa kekurangan.

Advertisements

18 thoughts on “MLM ? (Multi Lebay Marketing)

  1. wah wah…jadi korban MLM iki ceritane episode kali ini

    hahahaha…

    yang sabar ya nak..

    • belum sempat sih, baru akan menjadi korban..hehehe

    • ohhh mknya klu mau bisnis mlm hrs hati2, hrs pandai memilah, sy jg berapa kali korban, pilah-pilah dulu tapi dijaman globalisasi ini hrsnya klau mau bisnis mlm jngn kapok ,klau memang positif kenapan ga dijalanin, teliti dulu qualitas produknya trz, peminatnyua, mudah ga brng itu dipasarkan, baagi hasilnya, itu dulu baru klau ada bisnisnya dengn sistim mlm kenapa tidak kita jalankan, namanya usaha siapapun pengen kan hidup bahagia.

      • yup..ada benernya (mungkin) tapi menurut hemat saya, alangkah baiknya jika semangat itu qt arahin buat satu hal yang lebih jelas dan pasti, bagaimanapun menjadi kepala kucing lebih baek dari pada ekor harimau?
        hidup bahagia erat kaitannya dengan bersyukur…selamat mencoba dan selamat datang di blog saya kawan 😀

  2. widiih,,

    oze,, mana ym e?
    hp q dah qoid.

  3. slalu mensyukuri ap yg qt punya skrg.. setuju….

  4. sudah belasan teman lama saya (baik dekat atopun dulunya cuma sebatas teman sekolah yang ngge pernah kenalan sama sekali) sms dan telpon maksa banget untuk ngajak saya seminar atau ‘ketemuan’. tapi orang berangkat kuliah aja males, ini disuruh seminar, ye makin males, jadi ga pernah deh tuh namanya ngeiyain ‘ketemuan’ hehe

    • haha..bener mar..dulu pas awal kuliah..mereka jujur mau ngajak ke seminar mlm..tapi sekarang..modelle njebak..jadi yo tau2..lho kok….hehhe..selamat berarti anda selamat dari bualan mereka..hehe

  5. kykny kt jg pnya slh satu nggotanya di R****….hahahaha……….

  6. hahahahahahaha…..semut di seberang lautan keliatan, lha tuh gajah di pelupuk mata, eeehhh palah kelilipan…btw nice post…wessss..

    • hahahah..ini berlaku buat semua kok mas..lha ndilalah aku terlibat langsung untuk pertama kalinya…pengalaman yg aneh..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s